Serba Serbi Bisnis Digital “Sekarang atau Tidak Sama Sekali”

Kamis, 19 November 2020, dengan pembicara Bpk Ramaddan Julianti, M.T.
Dampak dari adanya pandemic seperti sekarang ini menyebabkan begitu banyak dampak negatif, penutupan pusat perbelanjaan atau mall, pendapatan yang menurun tentunya juga berkurangnya peluang kerja, bahkan yang sudah bekerjapun terkena dampak PHK. Tetapi untuk bisnis online mengalami kenaikan. Belanja online, sekolah maupun kuliah online, bekerja dari rumah (WFH) bahkan bisnis pun dijalankan dari rumah secara online.
Saat ini bisnis online satu-satunya bisnis yang bisa dijalankan secara efektif. Ada suatu istilah di media masa “Pengusaha milenial menjadi penyelamat ekonomi saat resesi”, karena transformasi digital telah merubah cara orang berbelanja. Teknologi bisa memberikan dampak positif, semua bisa dilakukan dengan teknologi. Peluang bisnis di dunia digital banyak sekali. Kita lihat begitu besarnya pengguna internet, pengguna aktif sosial media dan aplikasi mobile adalah merupakan peluang bisnis di bidang digital. Aktivitas sosial di media, bisa melalui WA, facebook dan instagram. Teknologi akan membentuk sebuah paradigma transaksi baru bagi orang-orang milenial “ Dunia ada digenggaman tangan”. Misalnya kita igin makan bisa pesan via Gofood, nilai uang nya tidak seberapa disbanding kenyamanan yang kita dapatkan.
Konsep dari bisnis digital ini adalah menggunakan media teknologi untuk berbisnis. Di luar sana Bank-bank cabang pembantu banyak yang tutup, karena transaksi beralih menggunakan Mobile Banking atau pergi ke ATM. Mobile payment ( Ovo, Gopay, dll ), Crypto Currency dan belanja via aplikasi mobile.
Dimasa pandemic seperti sekarang ini, beberapa kondisi bisnis mulai sulit bertahan seperti hotel, restoran, energi, penerbangan, penggalian, pertambangan, industri pengolahan dan konstruksi. Sedangkan untuk bisnis yang bertahan diantaranya adalah perikanan, kehutanan, peternakan, perkebunan, pertanian, pengangkutan, air bersih, gas dan listrik. Dan ada beberapa sektor bisnis yang justru mengalami peningkatan diantaranya kesehatan, makanan, retail, teknologi dan informasi. Tentunya dengan dijalankan dengan Ecommerce, Smart Healthcare, Go-Mart Mobile.
Alasan kenapa memilih bisnis online karena modal dan resiko kecil, bisa membuka pelayanan atau order selama 24 jam, konsumen tidak terbatas dan adanya perubahan kebiasaan masyarakat. Apalagi semenjak adanya pandemic, kebiasaan orang ingin mendapatkan segala sesuatu dengan lebih praktis dan efisien.
Bisnis online juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya bisa terjadi tindakan penipuan, barang yang kita order atau beli tidak sesuai dengan yang kita kehendaki dan terkadang kendala jaringan internet. Namun demikian, dari kekurangan ini akan menumbuhkan berbagai inovasi. Contohnya jika kita bertransaksi di marketplace terpercaya, uang dari pembeli tidak akan bisa diterima oleh penjual apabila barang tersebut belum sampai bahkan beberapa sudah memberikan layanan COD ( Cash On Delivery ) sehingga meminimalisir kekurangan diatas.

Fondasi utama Bisnis Digital adalah :
1. Media website
2. Produk desain ( semenarik mungkin )
3. Jalur distribusi
4. Konten produk
5. Media promosi
6. Marketplace

Skill yang dibutuhkan :
1. Kemampuan TI
2. Creative thinking
3. Berani berinovasi
4. Komitmen kuat
5. Networking

Benefit yang akan kamu dapatkan jika kamu memilih jurusan Bisnis Digital di STMIK Global :
1. Ilmu bisnis jaman now
2. Incaran perusahaan
3. Bisa usaha mandiri
4. Jaringan pasar luas
5. Online learning ( Global Online Learning )
6. Waktu kuliah 3 tahun, 1 tahun magang/kerja
7. Hard skill /soft skill digital

About the author

stmikglobalofficial -

Similar Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.