Himbauan Centers for Disease Control and Prevention dalam mengisolasi diri Dirumah

Sahabat Gloo..
Sudah tau kan yang lagi jadi pusat perhatian semua orang??? Yapppss betul
Kerja dari Rumah, Belajar dari Rumah, Ibadah di Rumah Perlu Digencarkan.
Isolasi diri ini dilakukan minimal selama 14 hari bagi mereka yang diduga berisiko terinfeksi virus corona. Pasalnya, gejala awal berupa demam, batuk dan sesak napas kerap muncul dalam kurun 14 hari atau lebih usai seseorang terjangkit virus corona. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) juga memberikan imbauan apa saja yang harus dilakukan selama mengisolasi diri di rumah. Berikut adalah di antaranya:
1. Tetap di rumah kecuali untuk memeriksakan diri ke rumah sakit
Orang-orang mengalami gejala Covid-19 dapat mengisolasi diri di rumah selama sakit dan belum menjalani perawatan di fasilitas kesehatan. Anda juga harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali pergi ke rumah sakit. Jangan pergi bekerja, sekolah, atau tempat umum lainnya. Hindari menggunakan transportasi umum, berbagi perjalanan, atau taksi.
2. Pisahkan diri Anda dari orang lain dan hewan di rumah
Anda Sebisa mungkin, Anda harus tinggal di ruangan tertentu dan jauh dari orang lain. Selain itu, Anda sangat disarankan menggunakan kamar mandi terpisah. Jika Anda memelihara hewan peliharaan, batasi pula interaksi dengannya. Sebab, virus corona diduga bisa menular ke hewan. Hewan juga bisa menularkan sejumlah jenis virus ke manusia. Baca juga: Melonjak Drastis, Pasien Positif Corona di Indonesia Jadi 19 Orang Jika Anda harus merawat hewan peliharaan Anda atau berada di dekat binatang saat Anda sakit, cuci tangan sebelum dan setelah Anda berinteraksi dengan hewan peliharaan dan mengenakan masker.
3. Hubungi dokter sebelum mengunjungi mereka untuk periksa
Jika Anda memiliki janji bertemu tenaga medis, hubungi penyedia layanan kesehatan dan beri tahu mereka bahwa Anda memiliki atau berisiko menderita Covid-19. Langkah ini bisa membantu kantor penyedia layanan kesehatan mengambil langkah-langkah untuk mencegah orang lain agar tidak terinfeksi atau terpapar virus.
4. Kenakan masker
Anda harus mengenakan masker ketika berada di sekitar orang lain atau hewan peliharaan. Selain itu, masker juga harus Anda kenakan sebelum memasuki kantor penyedia layanan kesehatan.
5. Tutupi hidung dan mulut saat batuk maupun bersin
Tutupi mulut dan hidung dengan tisu bersih ketika batuk atau bersin. Selanjutnya, segera buang tisu bekas ke tempat sampah. Cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Namun, jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan tangan dengan pembersih berbahan dasar alkohol (setidaknya 60 persen alkohol).
6. Sering mencuci tangan
Sabun dan air adalah pilihan terbaik jika tangan terlihat kotor. Selain itu, hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci. Mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik harus dilakukan terutama setelah batuk, bersin, pergi ke kamar mandi, dan sebelum makan atau menyiapkan makanan. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol (sanitizer).
7. Hindari berbagi barang-barang rumah tangga pribadi
Anda tidak boleh berbagi piring, gelas minum, gelas, peralatan makan, handuk, atau tempat tidur dengan orang lain atau hewan peliharaan di rumah Anda. Setelah digunakan, barang-barang itu pun harus dicuci dengan sabun dan air.
8. Bersihkan semua benda yang sering Anda sentuh setiap hari
Permukaan benda yang kerap disentuh, termasuk meja, kursi, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, hingga telepon, wajib untuk dibersihkan setiap hari. Selain itu, bersihkan semua permukaan yang mungkin mengandung darah, tinja, atau cairan tubuh. Gunakan semprotan pembersih rumah atau lap, sesuai dengan instruksi label. Label berisi instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif dari produk pembersih termasuk tindakan pencegahan yang harus Anda ambil ketika menggunakan produk tersebut.
9. Cermati gejala sakit yang Anda alami
Cari pertolongan medis segera jika Anda sakit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala apa saja yang mungkin muncul akibat tertular Covid-19. Sebelum mencari perawatan, hubungi penyedia layanan kesehatan Anda dan beri tahu mereka bahwa Anda kemungkinan terpapar virus corona.

Baca selengkapnya di artikel “Panduan Mencegah Penyebaran Virus Corona Melalui Isolasi Rumah”, https://tirto.id/eDSl

About the author

stmikglobalofficial -

Similar Posts

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.